Aryandi Arham

Jumat, 11 Januari 2013

Representasi jaringan luas


Internet sebagai representasi jaringan luas :
Secara sederhana, Internet adalah kumpulan dari jutaan komputer di seluruh dunia yang terkoneksi antara yang satu dengan yang lain. Media koneksi yang digunakan bisa melalui sambungan telpon, serat optik (fiber optic), kabel koaksial (coaxial cable), satelit atau dengan koneksi wireless. Setelah terhubung dengan internet kita dapat melakukan beberapa hal, misalnya : mengirim dan menerima email, chating dengan media text atau suara, berselancar (surfing) di World Wide Web, atau hal-hal lain dengan suatu software aplikasi tertentu.
Pada awalnya internet adalah suatu jarangan komputer yang dibentuk oleh Departemen Amerika Serikat pada awal tahun 60 an, pada waktu itu mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dengan software komputer berbabis UNIX bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon.
Dulunya internet dikenal sebagai suatu wadah bagi para peneliti untuk saling bertukar informasi yang kemudian dimanfaatkan oleh perusahaan komersil sebagai sarana bisnis mereka, pada saat ini pengguna internet tersebar di seluruh dunia dengan jumlah mencapai lebih dari 250 juta orang

4 hal yang bisa di tangani internet :

1. Sistem pembelajaran jarak jauh

2. Sistem telepon

3. Pencarian Lowongan kerja

4. Transfer Uang.
Komunikasi
Internet memungkinkan terjadinya komunikasi yang super cepat antara suatu pihak dengan pihak lainnya, tanpa mengenal batasan ruang dan waktu. Hal ini dimungkinkan karena jangkauan Internet yang telah meng-global. Asal kita mengetahui alamat seseorang atau suatu lembaga di Internet, kita dapat mengirim informasi kapan saja dan kemana saja di seluruh dunia dalam waktu yang sangat singkat dan cara yang sangat mudah. Internet juga dapat menghemat biaya komunikasi yang harus dikeluarkan.
Informasi
Seperti telah disinggung di atas, karena begitu banyaknya komputer yang terhubung ke Internet, dimana masing-masing komputer memiliki kandungan informasinya sendiri-sendiri, maka gabungan seluruh informasi di Internet sangatlah luar biasa. Internet merupakan sumber informasi yang melimpah (hampir tanpa batas) yang terus berkembang seiring dengan makin berkembangnya Internet itu sendiri.
Kolaborasi
Kolaborasi yang dimaksudkan di sini adalah suatu proses menyelesaikan suatu pekerjaan secara bersama-sama (team-work). Anggota tim bisa terdiri dari berbagai macam ahli dari berbagai bidang yang tersebar di berbagai negara di dunia. Internet merupakan media yang sangat membantu suatu kolaborasi yang biasanya terhambat oleh ruang dan waktu. Melalui Internet kita dapat melakukan suatu konferensi (conference) dengan berbagai pihak di mana pun mereka berada. Kita bahkan dapat mengerjakan suatu pekerjaan secara bersamaan melalui Internet.


Tcp ip
setiap komputer di internet diidentifikasi oleh kode nomor yang unik (nomor IP). Terdiri dari 4 digit, masing-masing memiliki nilai dari 0 sampai 255, dipisahkan dengan titik. Metode penomoran ini memungkinkan 2 milyar komputer dikoneksikan ke internet. Walaupun kedengarannya sangat banyak jumlah tersebut, metode ini masih dianggap memiliki keterbatasan. Ini adalah metode awal untuk mengoneksikan komputer ke host di Internet.
Contoh :
Wuarchive.wustl.edu
128.252.135.4

Domain yg menandakan sebuah Negara:
.co.id - Indonesia
.mil.id - Militer Indonesia
.uk - United Kingdom
.fr - France
.au - Australia

Sumber daya di internet
Email
Electronic Mail / Surat Elektronik) adalah fasilitas yang paling sederhana dan paling banyak digunakan diantara semua fasilitas yang ada di Internet. Email kebanyakan merupakan komunikasi antara satu orang ke satu orang lainnya.

Newsgroup
Merupakan perkembangan dari Mail Lists, dan dapat diakses melalui E-mail. Ribuan newsgroup mencakup berbagai bidang kepentingan, kegiatan, dan obesesi. Berita dikirim dan terkirim kepada mereka yang menjadi group tersebut.

Mailing list
Mailing list adalah Membuat komunitas lewat email yang membicarakan hal-hal tertentu bersama orang lain.
adalah suatu daftar yang berisi alamt – alamat email dari pesertanya. Mailing listbersifat diskusi lewat email yang memudahkan moderator dan pesertanya bertukar pikiran tentang satu topik bahasan tertentu.
Internet relay chat (IRC) adalah salah satu layanan di internet yang digunakan pemakai untuk berkomunikasi(berbicara) secara langsung dengan metode tulisan.

Telnet

Telnet adalah suatu aplikasi yang digunakan untuk bekerja dari jarak jauh. Misalkan komputer kita sudah terhubung ke Internet dan kita tahu alamat (server) tujuan, maka dengan menjalankan telnet, kita akan masuk ke server tersebut dan menjalankan perintah-perintah di server tersebut seolah-olah kita sedang berada di lokasi yang sama dengan server tersebut.

FTP(File Transfer Protocol / tata cara mentrasnfer file),
Isinya adalah serangkaian perintah dari user (pemakai) berserta sejumlah kebiasaan setiap hari yang mendasarinya untuk mengelola transmisi file dengan aman. Anda dapat melakukan ftp dengan log in ke Komputer yang jauh dan memberikan perintah-perintah secara langsung.

Gopher
Gopher sendiri berarti tikus tanah, yang membangun sarangnya di bawah tanah berupa saluran-saluran yang saling terhubung satu sama lain membentuk jaringan terowongan bawah tanah. Karena sifat inilah maka nama Gopher dipakai. Gopher suatu kumpulan informasi di Internet yang disusun secara hirarkis (berbasis menu).

Archie
adalah suatu fasilitas di internet yang memberikan kemudhana dalam mencari informasi situs yang menyediakan fasilitas FTP di internet. Archie menyediakan suatu database yang berisikan indeks informasi dari situs – situs FTP dengan cepat.
www (World Wide Web)
www adalah kumpulan informasi yang disusun berbasis hypertext.www merupakanPengembangan setelah Gopher dan WAIS. Pertama kali dibuat tahun 1991 di CERN, European Particle Physics Laboratory di Jenewa, Swiss. Gagasan awalnya adalah fisikawan dan ilmuwan dapat berbagi informasi dalam bentuk multimedia.Maka diciptakan metode untuk transfer dan menampilkan informasi. Metode transfer disebut HTTP (Hyperteks Transfer Protocol) yang dijalankan di TCP/IP, protocol jaringan internet standar HTTP bekerja menggunakan Internet Standar, dimana server memberikan data, dan klien menampilkan/memrosesnya. (Karena klien digunakan untuk menjelajah internet, maka programnya disebut Bowser). Informasi yang ditransfer dibuat menggunakan HTML (Hypertext Markup Language).
Istilah dari
Attachment Alat pelengkap, penempelan, adhesi. Istilah ini banyak digunakan dalam penggunaan email. Jika anda mengirim sebuah file melalui email, maka file tersebut disebut attachment. Attachment email dapat berupa jenis file apa saja.
Spam atau Junk adalah merujuk kepada praktek pengiriman pesan komersial atau iklan kepada sejumlah besar news group atau email yang sebetulnya tidak berkeinginan atau tidak tertarik menerima pesan tersebut.

Istilah dari
Hipertext adalah Teks yang mempunyai kaitan ke dokumen (bagian) lain
Web portal adalah Portal web. Kadangkala disebut dengan portal atau portal internet (internet portal). Di dalam dunia internet istilah ini dimaksudkan untuk website yang menyediakan beraneka ragam informasi untuk para pengunjungnya. Salah satu contohnya adalah layanan yang disediakan oleh American Online, yang beralamat di http://www.aol.com/, dimana di situs ini tersedia beraneka ragam informasi, seperti: belanja secara online (e-Commerce), breaking news, dll. Sedangkan salah satu portal dari Indonesia adalah DetikCom (http://www.detik.com) yang disebut dengan portal berita dan dikelola oleh Agrakom.
Viewer atau Plugin Program tambahan untuk browser atau program lainnya. Ini untuk memperbanyak fungsi program utama tadi (browser misalnya).
Fungsi dari program-program berikut:
Acrobat reader acrobat reader... READER!! Acrobat READER itu program buat ngebaca!!! tepatnya ngebaca file berformat PDF. jadi kita ga bisa WRITE di READER...ga bisa nulis di acrobat reader!
kalo mau,, nulis pake openoffice, trus convert ke PDF.... kalo openoffice bisa langsung convert,, tapi kalo pake ms.office pake progam laen... kalo mo masukin ke site kita,, upload lah!?
Flash player Buat nyetel semua yg berhubungan dengan flash. Kalo webnya ada yg pake flash, we need it. kalo u mo nyetel flv, swf, dll yg berhubungan dengan flash, we need it. Install aja, kecil kok. Yang penting gratis End Sub
Quick time memiliki fungsi untuk memutar atau mejalankan file video. Bedanya, Quick time memiliki kemampuan untuk membaca file video bertipe .3gp. bisanya file bertipe ini berasal dari perekaman gambar menggunakan kamera handphone.
Real jukebox
Real player plus
Perbedaan antar streaming audio dan streaming video Istilah yang dipergunakan untuk mendengarkan siaran secara live melalui Internet. Berbeda dengan cara lain, yakni men-download file dan menjalankannya di komputer kita bila download-nya sudah selesai, dengan streaming kita dapat mendengarnya langsung tanpa perlu mendownload file-nya sekaligus. Ada bermacam-macam audio streaming, misalnya Winamp (mp3), RealAudio (ram) dan liquid radio.
Istilah yang dipergunakan untuk mendengarkan siaran video secara live melalui Internet. Berbeda dengan cara lain, yakni men-download file dan menjalankannya di komputer kita bila download-nya sudah selesai, dengan streaming kita dapat mendengarnya langsung tanpa perlu mendownload file-nya sekaligus. Dengan teknologi video streaming ini memungkinkan kita menonton televisi melalui Internet.
Dalam transfer FTP ada 2 transfer yaitu upload dan download
Mengirim file dari komputer Anda ke komputer lain. Kegiatan pengiriman data (berupa file) dari komputer lokal ke komputer lainnya yang terhubung dalam sebuah network. Kebalikan dari kegiatan ini disebut
download.aktifitas akses internet untuk memindahkan data/file/aplikasi yang ditransfer oleh mesin setelah pengguna internet melakukan request terhadap data/file/aplikasi tersebut pada satu halaman web.
Detimasi VOIP dan keuntungan penggunaannya.

ialah teknologi yang memungkinkan komunikasi suara dan fax menggunakan jaringan berbasis IP (Internet Protocol) untuk dijalankan diatas infrastruktur jaringan packet network. Jaringan yang digunakan bisa berupa internet atau intranet. Teknologi ini bekerja dengan jalan merubah suara atau fax menjadi format data digital tertentu yang dapat dikirimkan melalui jaringan IP. Berbagai macam produk telah tersedia di pasaran, baik berupa software yang merubah suara menjadi data digital dan mengirimkannya ke tujuan, sampai dengan integrasi hardware/software yang mampu menyediakan sarana komunikasi suara dan fax dengan kualitas setara dengan carrier-class network.
keuntungan
Harga Peralatan yang lebih murah
Efisiensi bandwidth
Biaya perawatan yang murah
Munculnya aplikasi baru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar